Minggu, 20 Desember 2015

Tugas SCD

TUGAS SISTEM CATU DAYA

Dosen : Ekki Kurniawan
Nama  : Siti Nur Azizah Sugiharto 
NIM    : 1102144026
Kelas   : EL-38-01 Telkom University



  1. Apa saja manfaat PLTAngin ?
Jawab: Mengurangi biaya operasi,kebutuhan akan bahan bakar fossil akan jauh berkurang,meningkatkan jaminan pasokan energy suatu daerah,mempunyai potensi mengurangi emisi CO2 sebesar 700 gram untuk setiap kWh energy listrik yang dibangkitkan,
  1. Bagaimana sistem kerja sederhana PLTAngin ?
Jawab: Turbin angin memutar generator tegangan bolak-balik. Karena kecepatan angin berubah-ubah maka tegangan AC yang dihasilkan generator mempunyai frekuensi yang berubah-ubah.Tegangan AC yang frekuensinya berubah-ubah ini harus diubah menjadi tegangan DC yang tetap dengan menggunakan penyearah.Tegangan DC ini selanjutnya diubah menjadi tegangan AC frekuensi 50 Hz dengan menggunakan inverter.Keluaran inverter diparalel dengan jaringan listrik yang ada.
  1. Berapa besar daya yang bisa dihasilkan oleh sebuah PLTAngin ?
Jawab: Sebuah PLTA hanya membangkitkan daya kurang dari 100 kW.
  1. Apa masalah utama dari penggunaan PLTAngin dan cara mengatasinya ?
Jawab: Masalah utama dari penggunaan PLTAngin adalah ketersediaannya yang rendah. Untuk mengatasi masalah ini maka PLTAngin harus dioperasikan secara parallel dengan pembangkit listrik lainnya.
  1. Propinsi mana saja di Indonesia yang mempunyai potensi bagus untuk pengembangan PLTAngin ?
Jawab : NTT danNTB,karena kecepatan angina rata2 di Indonesia rendah,yaitu sekitar 4 m/s,kecuali di dua propinsitersebut.

Tidak ada komentar: